Tips Memilih Sangkar Untuk Murai Batu

by

Murai Batu termasuk salah satu jenis burung yang saat ini banyak diminati. Alasannya tentu karena memiliki suara yang merdu dan indah dibandingkan jenis lainnya. Bersumber dari kacer.co.id, ada banyak jenis murai yang ditemukan saat ini dengan ragam karakteristiknya.

Namun bukan jenisnya yang kita bahas kali ini, melainkan bagaimana cara memilih sangkar yang tepat. Pasalnya, burung ini tergolong rewel dalam hal kandang atau sangkar. Jika tidak cocok, kemungkinan dia malas berkicau dan bahkan kondisi kesehatannya menurun.

Sangkar memang tidak dapat dipisahkan dengan burung, keduanya seolah menyatu. Harga sangkar pun bervariasi, ada yang murah dan ada juga yang mahal. Biasanya, harga sangkar tergantung dari ukuran dan juga bentuknya.

Ukuran sangkar yang semakin besar tentunya memiliki harga yang jauh lebih mahal. Semakin rumit dan unik bentuknya, harganya pun biasanya lebih mahal. Karena memilih sangkar sangat penting, berikut kami berikan tips yang mungkin berguna.

Tentukan Ukurannya

Ukuran merupakan salah satu hal yang wajib diperhatikan pertama kali. Meskipun satu sangkar nantinya dipakai untuk satu burung, namun tetap saja ukuran membantu efektivitas nya. Pada umumnya, burung lebih nyaman jika berada dalam sangkar yang luas.

Mengingat Murai Batu adalah burung yang memiliki fisik lumayan besar dan ekor panjang, maka pastikan ukuran kandang tidak terlalu sempit. Pun demikian, jangan terlalu luas karena menguras budget. Ukuran yang umum yakni diameter 60 cm dan tinggi 75 cm.

Pilih Berdasarkan Bentuknya

Bukan rahasia umum jika Murai Batu seringkali ditempatkan pada sangkar yang berbentuk bulat atau melingkar. Namun tidak ada aturan untuk hal itu, anda pun bisa menggunakan sangkar kotak untuk memelihara burung dengan paruh lancip ini.

Baca Juga :   Cara Daftar TikTok Affiliate via TikTok Shop, Tanpa Mimimal Follower

Masing-masing pemilik pastinya berbeda dalam hal selera. Tetapi yang pasti, usahakan anda tidak hanya memiliki satu sangkar saja jika tujuan utamanya untuk ikut lomba. Silahkan dibedakan sangkar untuk di rumah dan ketika dilombakan supaya lebih efektif perihal penilaian.

Perhatikan Tangkringan

Sebagian pemilik Murai Batu yang masih baru biasanya tidak memperhatikan tangkringan yang ada dalam sangkar. Padahal hal ini sangat penting untuk menjaga burung supaya tetap fit dan tetap dalam kondisi terbaiknya.

Memilih tangkringan yang salah menyebabkan ekor burung rusak. Pasti anda paham bahwa ukuran ekor burung ini lumayan panjang. Sebagai saran, usahakan memilih sangkar yang mempunyai tangkringan bentuk T.

Beli Sesuai Budget

Tips terakhir dan paling penting yaitu menyesuaikan budget yang dimiliki. Percuma jika anda mencari sangkar yang harganya mahal, namun ternyata tidak cukup budget yang dimiliki. Sebaiknya pilih sangkar yang sederhana, namun harganya tetap dapat dijangkau.

Itulah tips memilih sangkat untuk Murai Batu bagi yang hobi memelihara burung. Hobi adalah selera masing-masing individu, kita tidak bisa memaksakan kepada orang lain. Memelihara burung adalah salah satunya yang cocok dijadikan pilihan karena menguntungkan.  

No More Posts Available.

No more pages to load.